Tujuan dan Makna Acara Peletakan Batu Pertama dalam Proyek Pembangunan

Mungkin di antara kalian pernah mendengar istilah groundbreaking. Ya, istilah ini juga berarti peletakan batu pertama. Istilah tersebut digunakan untuk menjelaskan tanda dimulainya sebuah proyek.

Namun, apakah Anda mengerti maksud dari peletakan batu pertama dan tujuan dari acara seremonial tersebut?

Istilah peletakan batu pertama adalah suatu acara peresmian sebagai tanda dimulainya sebuah proyek pembangunan. Acara ini umumnya memiliki beberapa rangkaian, yakni mulai dengan mencangkul tanah, lalu pada cangkul tersebut diberi pita. Peletakan batu pertama juga bisa dilakukan dengan meletakkan beberapa batu pada tanah galian yang telah dicangkul.

Sebenarnya, penggunaan istilah peletakan batu pertama hanya digunakan oleh kalangan tertentu yang membangun proyek besar yang mencakup area yang luas. Namun, kini istilah tersebut sudah umum dipakai oleh berbagai kalangan yang memulai suatu proyek pembangunan.

Adapun beberapa tujuan diadakannya seremonial peletakan batu pertama, yaitu:

1. Peresmian proyek. Tujuannya sebagai wujud syukur atas pencapaian yang harus segera dilaksanakan atau dikerjakan di hari yang akan datang.
2. Bentuk permulaan dari sebuah kerjasama yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan dan juga keberhasilan bagi pihak-pihak yang terkait di dalam sebuah proyek.
3. Jadi ajang promosi yang bisa mendatangkan banyak penawaran dan rasa ketertarikan dari calon konsumen terhadap proyek yang dikembangkan. Ini umumnya dilakukan oleh para developer properti.
4. Simbol dari sebuah komitmen dan kerjasama yang baik di antara pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan. Makanya, acara peletakan batu pertama biasanya dihadiri oleh semua pihak yang terlibat dalam proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *