Ilustrasi pernikahan. Foto: https://unsplash.com/@brylove

Tips Menghemat Biaya Pernikahan Biar Nggak Overbudget

Impian bagi semua orang, adalah melaksanakan pernikahan yang terlihat bagus. Momen tak terlupakan ini harus digelar sebaik-baiknya, agar tak hanya bisa dikenang pengantin, namun juga para tamu undangan.

Biasanya, sebagian orang rela menghambur-hamburkan uang untuk biaya pernikahan. Padahal, biaya pernikahan bisa lebih ditekan lagi agar tidak overbudget yang menyebabkan pengeluaranmu membengkak. Setelah menikah, malah lebih susah lagi kalau tak menyisakan sebagian uang untuk ditabung.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat biaya pernikahan agar nggak overbudget.

1. Kue pernikahan yang berlebihan

Tak usah repot-repot membeli kue pernikahan yang besar dengan harga yang mahal. Akan lebih baik jika kamu mengganti kue pernikahan dengan makanan-makanan yang bisa disantap bersama-sama, seperti kue pie misalnya.

2. Suvenir yang berlebihan

Suvenir bagi pernikahan memang sangat penting, namun sebaiknya kamu tidak membeli suvenir dalam jumlah yang terlalu berlebih untuk para tamu undangan, dan juga jangan sampai kekurangan suvenir. Perhitungkan secara matang sesuai jumlah tamu yang kamu undang.

3. Hiburan musik

Sebenarnya, pesta pernikahan tak diwajibkan untuk menghadirkan band-band atau penyanyi papan atas, karena hal tersebut hanya akan membuatmu menghambur-hamburkan uang.

Kamu bisa menyiapkan music backsound saja agar pesta pernikahanmu tampak lebih meriah, namun tetap bisa menghemat biaya pernikahan.

Jika tetap ingin menambahkan band musik, sebaiknya kamu undang temanmu yang mahir bermain musik dan menyanyi. Tentunya harganya lebih terjangkau jika kamu mengundang kerabatmu sendiri.

4. Mengundang tamu undangan berlebihan

Jika ingin menghemat biaya pernikahan biar nggak overbudget, sebaiknya undanglah tamu yang benar-benar kamu kenal saja, seperti keluarga dan kerabat terdekat. Selain itu, pilih tamu undangan siapa saja yang akan kamu undang. Tentu ini akan menghemat biaya pernikahan dengan pasanganmu.

Itulah pembahasan tips untuk menghemat biaya pernikahan agar tak overbudget. Sebagai calon pengantin, pintar-pintarlah dalam mengeluarkan bujet dan mempertimbangkan apa saja yang dibutuhkan untuk pesta pernikahanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *