Ilustrasi pernikahan indoor. Foto: https://unsplash.com/@luwadlinbosman

Tips Memilih Venue Pernikahan Indoor yang Tepat

Venue  adalah salah satu hal paling penting saat menyiapkan acara pernikahan. Venue juga akan menentukan berhasil atau tidaknya acara pernikahan yang digelar oleh pihak pengantin.

Karena itu, proses pemilihan venue tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kamu juga perlu mendiskusikannya dengan pihak keluarga, pasangan, serta vendor pernikahan yang hendak kamu gunakan.

Ada dua tipe venue pernikahan, yaitu tipe indoor dan outdoor. Tipe indoor banyak dipilih karena memberikan perlindungan yang lebih baik untuk tamu undangan, terutama jika cuaca sedang buruk. Selain itu, jika cuaca terlalu panas, kamu bisa menambahkan pendingin ruangan, sehingga tamu undangan tidak cepat gerah.

Venue indoor kebanyakan dipilih karena terdapat fasilitas dekorasi dan listrik secara langsung, tanpa harus diatur ulang.

Terkait dekorasi, eksplor tempat pelaminan dan dekorasi juga bisa dimaksimalkan sebaik mungkin.

Berikut ini tips memilih venue pernikahan indoor yang tepat, sehingga kamu bisa melangsungkan pesta pernikahan sesuai dengan rencana.

1. Lokasi venue

Sebaiknya pilih venue indoor yang bisa diakses dengan mudah oleh tamu undangan. Dengan begitu, kamu bisa mempersingkat waktu tempuh mereka karena letak venue-nya yang strategis.

Jika kamu memilih lokasi venue pernikahan yang jauh dari jalan raya dan lalu lintas utama, jangan lupa untuk memberikan arahan yang benar atau ancang-ancang jalan/lokasi. Atau bisa juga kamu memanfaatkan share location.

2. Ruangan yang disediakan

Tips memilih venue pernikahan indoor selanjutnya adalah melihat ruangan yang disediakan dan menyesuaikannya dengan jumlah undangan yang hendak kamu undang. Jika ruangan terlalu kecil, undang hanya teman dekat dan keluarga dekat saja. Pilih ruangan yang berukuran besar, sehingga tamu undangan tidak merasa sesak dan bisa bergerak dengan bebas.

Kamu juga harus memastikan apakah fasilitas yang disediakan oleh ruangan tersebut sudah cukup lengkap, seperti adanya ventilasi udara dan cahaya yang cukup, jumlah pendingin, dan masih banyak lagi.

3. Fasilitas yang disediakan gedung

Kamu tak boleh melewatkan keseluruhan fasilitas yang disediakan oleh tempat tersebut. Apakah tempat tersebut memberikan fasilitas listrik yang mencukupi, layanan kebersihan, atau tambahan ruangan untuk digunakan mempelai?

Kamu bisa menanyakan kepada pihak pengelola sebelum kesepakatan dilakukan. Jangan lupa memastikan apakah tanggal tersebut memang sedang kosong dan gedung bisa kamu gunakan untuk melangsungkan pernikahan.

Selain itu, jangan ketinggalan untuk menanyakan biaya sewa dan mengetahui vendor pernikahan rekanan yang dimiliki oleh gedung tersebut, ya.

Demikian tips memilih venue pernikahan indoor yang tepat dan bisa kamu lakukan secara mandiri, khususnya di hari-hari jelang pernikahan. Konsep indoor lebih menguntungkan dari segi pelayanan dan fasilitas bagi tamu undangan. Jangan lupa berdiskusi dengan vendor kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *