Tetap Jaga Keharmonisan Rumah Tangga saat WFH dengan 5 Trik Ini

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah selama masa pandemi ini rupanya bisa memicu terjadinya konflik rumah tangga. Karena sebagai makhluk sosial, kita butuh tetap beraktivitas di luar rumah. Nah, dengan bekerja dari rumah inilah, yang membuat sebagian orang tak sepenuhnya menghabiskan waktu untuk pasangannya. Alhasil, muncul friksi yang bisa berujung pada keretakan rumah tangga.

Meski WFH rentan dalam menciptakan friksi antara suami-istri, bukan berarti tidak ada solusinya. Berikut ini cara menjaga keharmonisan rumah tangga saat WFH.

1. Atur jadwal untuk punya sesi me-time

Setiap orang punya kebutuhan untuk berada dalam ruang privatnya sendiri. Walaupun hanya 30 menit, Anda dan pasangan tetap butuh waktu untuk sendiri. Tapi karena situasi PPKM Darurat membuatnya semakin sulit untuk keluar rumah, disarankan untuk membuat jadwal me-time secara reguler setiap hari. Lakukanlah secara bergantian, sehingga Anda dan pasangan punya kesempatan yang sama.

2. Buatlah ruang kerja masing-masing

Di awal-awal WFH bekerja berdekatan dengan pasangan bisa jadi menyenangkan, tapi lama kelamaan hal ini jadi tidak sehat. Karena itu usahakanlah untuk memiliki ruang kerja sendiri. Meski ini berarti ruang kerja Anda di ruang tamu dan suami di kamar tidur, bekerja secara terpisah akan membuat Anda berdua konsentrasi penuh pada pekerjaan.

3. Atur intonasi suara

Ingatlah selalu untuk berbicara dengan siapa saja, terutama kepada pasangan dengan intonasi suara yang tenang dan menghargai. Tidak perlu berteriak-teriak ketika Anda memanggil pasangan. Jika dia tidak menjawab, bisa jadi tengah fokus mengerjakan pekerjaannya atau tidak mendengar karena memakai headset sambil zoom meeting. Anda juga berkewajiban untuk menciptakan lingkungan yang nyaman saat bekerja.

4. Bagi tanggung jawab dengan pasangan

Sangat penting untuk suami-istri bersinergi dalam pembagian peran. Ini artinya buat kesepakatan bersama bagaimana pengasuhan anak dilakukan Anda dengan pasangan selama menjalani WFO. Bergiliran mendampingi anak ketika mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah, adalah salah satu bentuk sinergi peran antara suami dengan istri.

5. Selalu makan bersama keluarga

Salah satu privilese WFH adalah Anda dan pasangan bisa menikmati makan siang bersama anak. Dengan tetap menjalankan rutinitas untuk makan bersama akan menciptakan ruang bertumbuh bagi setiap anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *