Tetap Harmonis, Ini Tips Menjalani Long Distance Marriage

Menjalani hubungan jarak jauh apalagi saat sudah menikah memang bukanlah perkara mudah. Pernikahan sudah pasti berbeda dengan pacaran, karena kamu dan pasangan telah mengucapkan janji suci untuk sehidup semati. Namun, bukan berarti long distance marriage (LDM) tidak bisa dilalui. Banyak pasangan yang berhasil dan langgeng menjalani LDM, lho!

Setiap pasangan yang telah menikah tentunya mendambakan untuk dapat tinggal bersama pasangan, terlebih jika sudah memiliki anak. Akan tetapi mungkin ada beberapa faktor yang mengharuskan sebagian pasangan tinggal terpisah untuk beberapa waktu.

Sebagai pasangan LDM, kamu tetap bisa harmonis lho! Berikut ini tips agar kamu dan pasangan tetap harmonis saat menjalani Long Distance Marriage (LDM).

1. Sepakat untuk LDM

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menjalani LDM bersama pasangan adalah kalian berdua telah sepakat untuk menjalani ini. Perlu mendiskusikan hal-hal terkait LDM secara matang. Pastikan untuk menjalani LDM cukup kuat, dan keputusan ini diambil untuk membuat kondisi keluarga lebih baik.

Saat kamu dan pasangan telah sepakat untuk menjalani LDM, ini akan membuat kalian tetap bertahan dengan segala tantangan saat LDM.

2. Saling menjaga komunikasi

Komunikasi yang baik menjadi kunci dari kesuksesan sebuah hubungan yang sehat. Apalagi dalam hubungan LDM adanya komunikasi yang terbuka dan lancar sangat dibutuhkan. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan secara rutin, ya.

Ketika komunikasi dapat berjalan dengan baik, momen untuk tetap bermesraan semakin besar. Seperti menyampaikan rasa rindu, ingin segera bertemu, atau sekadar bilang rindu aroma tubuh pasangan. Meski pekerjaan akan menyita banyak perhatian dan waktumu, ingatlah bahwa pasangan menanti kabar darimu.

3. Memanfaatkan teknologi

Komunikasi adalah kunci untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis, seperti yang dijelaskan di atas. Banyak cara untuk tetap berkomunikasi saat ini, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini banyak fitur chatting atau video call di berbagai aplikasi media sosial atau pesan singkat untuk mengobati rindu. Jadi, kalian tetap bisa mesra meski LDM.

4. Menjaga komitmen

Menjalin hubungan dalam sebuah janji suci pernikahan pastinya memerlukan komitmen yang kuat. Oleh karena itu sangat penting menjaga dan memegang teguh komitmen dalam sebuah hubungan. Berpegang teguh pada komitmen hubungan akan membuat hubungan agar tetap berjalan dengan baik.

5. Saling menjaga kepercayaan

Dalam sebuah hubungan, dibutuhkan untuk saling menjaga kepercayaan, terutama untuk para pasangan LDM. Maka saling menjaga kepercayaan adalah hal yang wajib dilakukan.

Kepercayaan dan romansa dalam hubungan dengan bersikap mesra pada pasangan akan membuat hubungan kalian hangat dan menjaga agar pihak ketiga tidak masuk ke dalamnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pasangan yang hendak atau sedang menjalani Long Distance Marriage. Semoga hubungan kalian berjalan dengan baik dan harmonis ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *