Tetap Harmonis, Ini Dia 4 Tips Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Pernikahan perlu dilindungi dan dijaga, dan kedua belah pihak sama-sama bertanggung jawab dalam hal tersebut. Ada kalanya pekerjaan, anak-anak, dan kewajiban lainnya, membuat beberapa pasangan terlibat konflik sehingga merasa sulit memelihara dan mempertahankan hubungannya.

Saat masalah terus bermunculan, beberapa pasangan pun memilih bercerai dan menjalani hidup terpisah.

Jika kamu ingin selalu bersama dengan pasangan dan menghindari perceraian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari memperbaiki komunikasi hingga menumbuhkan romansa dalam kegiatan sehari-hari. Berikut tips menghindari perceraian dalam rumah tangga agar hubungan tetap harmonis.

1. Meluangkan waktu untuk pasangan setiap hari

Suami istri dapat meningkatkan peluang keberhasilan pernikahan dengan meluangkan waktu setidaknya 15 menit dalam sehari secara eksklusif untuk satu sama lain. Kamu bisa bangun lebih awal dan menghabiskan waktu lebih lama untuk berpelukan atau bercinta dengan pasangan.

Luangkan waktu setiap hari untuk melakukan percakapan yang bermakna dengan pasanganmu. Selain itu, jangan ragu pula untuk menunjukkan kasih sayang dan saling bercerita mengenai apa yang dialami dan dirasakan.

2. Memuji pasangan

Hujanilah pasanganmu dengan pujian, baik secara privat maupun di depan orang lain. Mungkin awalnya suami tampak malu, namun pujian yang tulus akan bertahan lama dan menyenangkan hatinya.

3. Cintai pasangan dengan cara yang dia inginkan

Kita sering membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa hal-hal yang paling menyentuh hati kita akan memengaruhi pasangan dengan cara yang sama. Misalnya, kamu mungkin berpikir mawar merah adalah hadiah yang sempurna, tapi bagi suami belum tentu. Ada baiknya kamu memahami apa yang benar-benar disukai pasangan dan cintai ia sesuai dengan cara yang diinginkannya.

4. Berkomitmen dalam hubungan

Berandai-andai dengan gagasan bahwa kamu mungkin bisa hidup lebih baik jika tidak menikah dengan suami kamu, dapat memengaruhi hubungan kalian. Faktanya, meski hanya dalam pikiran, itu bisa memberikan ‘noda’ dalam pernikahan.
Oleh sebab itu, tanamkan keyakinan bahwa kamu dan pasangan tidak akan bercerai. Membuat komitmen akan membantu kamu fokus untuk menguatkan hubungan pernikahan.

Itulah empat tips untuk menghindari perceraian dalam rumah tangga. Lakukan hal di atas agar pernikahan kalian selalu langgeng, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *