Pernikahan

Simak Tips Persiapan Pernikahan di Sini, Biar Momen Spesialmu Berkesan!

Pernikahan adalah momen sakral dan penting bagi hidup seseorang. Banyak orang menginginkan momen pernikahan ini terjadi sekali seumur hidup, sehingga harus mempersiapkan banyak hal agar hari spesial ini semakin berkesan.

Jika kamu adalah perempuan, sudah pasti banyak hal yang harus dipersiapkan, dari A sampai Z, agar pernikahan impianmu tercapai.

Mau sederhana hingga mewah, tentu saja kamu harus tetap memperhatikan detail-detail persiapan acara pernikahan. Jangan sampai momen spesialmu justru jadi bencana, yang akan membuatmu dan pasangan malah badmood sepanjang acara.

Untuk membantumu dan calon pasanganmu, berikut ini Fabday.id rangkumkan tips dalam mempersiapkan pernikahan agar hari spesialmu semakin berkesan, sebagaimana dilansir dari Weddingwire.com (2/6).

1. Mantapkan Komitmen Pernikahan

Pernikahan bukan perkara main-main. Di tahap ini, kamu akan hidup selamanya bersama pasangan sampai akhir hayat. Untuk itu, sebelum menuju ke jenjang selanjutnya, komunikasikan dengan pasangan untuk memantapkan komitmen pernikahan.

Buatlah rencana-rencana setelah menikah, seperti tempat tinggal, manajemen keuangan, jumlah anak, hingga impian lainnya dalam kehidupan pernikahan. Bicarakan baik-baik untuk mencapai kesepakatan agar tidak ada kendala di masa mendatang.

2. Persiapkan Mental

Hal kedua yang perlu kamu persiapkan adalah mental kamu. Setiap kehidupan pernikahan akan selalu ada suka dan dukanya, dan kamu juga harus siap menghadapi masalah-masalah dalam rumah tangga. Komunikasikan juga dengan calon pasanganmu, agar kamu mengetahui bagaimana cara dia dalam menghadapi persoalan-persoalan di masa depan bersama kalian.

3. Meminta Restu Orangtua

Sebelum menikah dengan pasangan, pastikan kamu mendapat restu kedua orangtuamu. Karena pernikahan bukan hanya tentang kamu dan pasangan, namun ke depan juga akan melibatkan pendapat dari orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Dengan mendapatkan restu dari orangtua, maka kamu dan pasangan semakin yakin melangkah ke dalam jenjang serius. Jangan lupa untuk minta si dia untuk meyakinkan orangtuamu bahwa dia bisa menjaga anak kesayangan mereka, ya.

4. Tetapkan Bujet Pernikahan

Tetapkan bujet pernikahanmu dengan pasangan, ya. Hitunglah jumlah bujet dari tabungan yang kalian miliki dan sepakati berapa persen yang kamu dan pasangan akan keluarkan.

Selain itu, bujet pernikahan juga dilihat dari konsep acara pernikahanmu nanti, mau yang mewah atau sederhana saja. Kamu bisa konsultasikan hal tersebut pada Wedding Organizer (WO) guna membantumu merencanakan acara pernikahan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan bujet darurat untuk biaya tak terduga, ya!

5. Tentukan Tanggal Pernikahan

Agar dapat segera memenuhi kebutuhan untuk mempersiapkan acara spesial ini, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menetapkan tanggal pernikahan. Hal ini dapat kamu diskusikan bersama dengan anggota keluarga inti. Sepakatilah dengan orangtuamu dan pasangan, karena biasanya mereka akan memiliki pandangan dalam menentukan hari, tanggal dan bulan yang baik untuk momen sakral ini.

6. Tentukan Konsep Acara

Konsultasikan dan sewalah WO untuk menentukan konsep pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan. Ini juga jadi poin penting karena akan menentukan seberapa besar bujet yang akan kamu keluarkan bersama calon pasanganmu. Buatlah pertemuan rutin dengan WO maupun vendor pernikahan agar persiapan semakin matang.

Namun, jika kamu memilih untuk mempersiapkan acara sendiri, kamu bisa mulai dengan menyewa venue pernikahan, misal di gedung khusus atau ballroom hotel, atau cukup digelar di rumah saja. Selanjutnya, kamu bisa menghubungi perias pengantin, penyewaan busana pernikahan, menyusun acara, hingga vendor jasa souvenir, dekorasi serta dokumentasi pernikahan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran pernikahan kamu.

7. Tentukan Jumlah Tamu Undangan

Tentukan jumlah tamu undangan, dan diskusikanlah bersama pasanganmu serta kedua orangtua. Ada baiknya, kamu perlu selektif dalam memilih siapa saja yang akan kamu undang di acara pernikahanmu, karena hal ini akan memengaruhi luas tempat serta jumlah makanan saat acara, terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Pastikan juga kamu dan pasangan menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

8. Mengurus Administrasi

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, pastikan kamu bersama pasangan segera mendaftarkan administratif pernikahan agar sah di mata hukum dan negara, ya. Sebelum registrasi pernikahan, hendaknya kamu dan pasangan memiliki sertifikat layak nikah terlebih dahulu guna melengkapi persyaratan baru yang ditentukan pemerintah.

Selain itu, lakukan tes kesehatan sebagai syarat pelengkap administrasi pernikahanmu. Tes kesehatan ini juga akan berguna untuk mendeteksi masalah di awal, agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan setelah menikah nantinya.

Nah, itu dia tips mempersiapkan pernikahan agar acara berjalan lancar dan sesuai rencana yang diinginkan. Buat kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan impian, bisa banget ikuti tips di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *