Ilustrasi band pernikahan

Perhatikan 5 Tips Ini saat Memilih Band Pernikahan

Pernikahan adalah momen spesial yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Dalam momen inilah, seseorang menemukan tambatan hatinya dan hidup bersama seumur hidup. Namun, sebelum melangsungkan pernikahan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, seperti dekorasi, baju, dan make-up. Selain itu, ada pula hiburan yang mesti disiapkan, seperti band atau penyanyi untuk pernikahan.

Sebuah hiburan seperti band atau penyanyi akan membuat pernikahanmu terasa romantis dan lebih semarak, sehingga tak terkesan ‘sepi’. Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini saat memilih band pernikahan.

Apa itu band pernikahan?

Band pernikahan adalah sekelompok grup musik yang akan mengiringi jalannya pernikahan dengan lagu-lagu sesuai tema pernikahan yang kamu ambil. Biasanya, band pernikahan identik dengan instrumen musik saxophone untuk nuansa atau konsep pernikahan yang sakral.

Namun, belakangan ini, band-band pernikahan banyak menggunakan lagu-lagu pop sepanjang pesta. Ada pula yang menggunakan musik dangdut atau koplo yang biasa digunakan masyarakat di daerah-daerah.

Nah, berikut ini tips dalam memilih band pernikahan:

1. Tentukan genre musik yang diinginkan

Setiap calon pengantin tentu menginginkan suasana pernikahan sesuai dengan tema yang diusung. Buatlah tamu undangan yang datang terkesan dengan musik-musik yang dipilih oleh band yang mengiringi pesta pernikahanmu. Entah itu jazz, pop, atau dangdut, kamu harus memilih secara bijak dan komunikasikan dengan keluargamu, ya.

2. Cek portofolio band

Sebaiknya kamu mengecek portofolio band yang akan kamu pilih. Biasanya, portofolio mereka dicantumkan melalui media sosial atau kanal YouTube dari band tersebut. Dengan mengecek portofolio mereka terlebih dulu, kamu akan mengetahui kualitas band tersebut.

3. Testimoni

Selain portofolio, kamu bisa mengetahui kualitas band yang hendak kamu pilih dari testimoni orang-orang yang telah menggunakan band tersebut. Kamu bisa membaca komentar atau ulasan orang-orang di media sosial atau dari kerabatmu tentang band yang hendak kamu pilih untuk mengiringi pesta pernikahanmu.

Dengan demikian, kamu akan memiliki bahan pertimbangan sendiri, sehingga tak akan kecewa ketika mereka bermain di acara pernikahanmu kelak.

4. Kelengkapan musik yang dibutuhkan

Baik kamu atau band yang kamu pilih, pastikan diskusikan terkait peralatan untuk hiburan. Jangan sampai kamu salah perkiraan dan pernikahanmu jadi bencana, seperti peralatan kurang lengkap saat hari H. Maka dari itu, sebaiknya kamu bertemu dengan band yang hendak kamu pilih.

5. Jumlah lagu dan jenis lagu yang bisa dimainkan

Pastikan jumlah dan jenis lagu yang bisa dimainkan oleh band yang hendak kamu pilih. Dengan demikian kamu akan mengetahui berapa lama durasi acara serta jumlah lagu yang pas untuk dimainkan sepanjang acara. Di sisi lain, kamu juga harus memastikan berapa banyak jenis lagu yang dapat mereka mainkan, ya.

Sekian penjelasan dan beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat hendak memilih sebuah band untuk mengiringi acara pernikahan. Di samping itu, kamu harus memperhatikan bujet yang kamu miliki sebelum memutuskan menyewa band pernikahan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *