Menikah Pakai Tema Adat atau Modern, Pilih yang Mana?

Setiap orang pasti menginginkan pesta pernikahan yang penuh makna karena pernikahan hanya dialami sekali seumur hidup. Maka dari itu, nggak sedikit orang mempersiapkan konsep pernikahan secara matang agar proses bisa berjalan lancar nantinya. Seiring berjalannya waktu, ternyata ada semakin banyak pilihan tema pernikahan yang menarik untuk dijadikan inspirasi.

Namun saking banyaknya pilihan, sebagian orang akan bimbang memilih antara tema pernikahan sesuai adat atau mengikuti pernikahan modern saat ini. Untuk itu beberapa hal berikut ini bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih tema pernikahan yang diinginkan.

Tentukan momen yang paling kamu inginkan

Pernikahan tradisional selalu identik dengan tradisi yang sesuai dengan budaya adat istiadat yang dekat dengan tradisi Indonesia. Pastinya pernikahan ini sangat kental dengan momen yang lebih intim karena ada kultur turun-temurun seperti sungkeman dan siraman yang merupakan momen penting dan hanya bisa didapatkan dengan adat pernikahan tradisional.

Beda dengan pernikahan tradisional yang memiliki konsep yang sama secara turun-temurun, jika kamu memilih pernikahan modern maka kamu punya kesempatan untuk mengatur konsep secara bebas.

Waktu dan bujet

Seperti yang kita tahu, pernikahan tradisional seperti adat Jawa membutuhkan banyak tahapan seperti seserahan, siraman, midodareni, dan seterusnya. Tentunya kamu dan pasangan perlu memikirkan lebih detail setiap tata cara pernikahan ini agar sesuai budget, apalagi pernikahan tema ini pastinya menghabiskan banyak waktu. Berbeda dengan pernikahan modern yang lebih simpel, namun semua kembali lagi dengan konsep yang kamu inginkan dalam pernikahanmu.

Desain busana

Lamanya waktu pesta pernikahan pasti akan bisa membuatmu berputar otak untuk memikirnya pakaian apa yang sesuai dengan konsep namun tetap bisa nyaman dipakai sepanjang hari. Saat ini sudah banyak lho pilihan kombinasi bahan, warna, dan desain pada pakaian pernikahan. Kamu pun bisa mudah mengeksplorasi berbagai desain pakaian. Kamu tinggal memilih apakah kamu lebih nyaman memakai baju adat yang memberikan kesan anggun seperti kebaya atau lebih suka memakai wedding dress yang terkesan mewah.

Riasan makeup

Selain pakaian, penting juga untuk kamu memperhatikan makeup yang kamu kenakan nanti. Pernikahan tradisional identik dengan riasan sedikit menor seperti memakai konde dan lipstik berwarna merah. Namun serunya, kamu jadi bisa punya pengalaman memakai berbagai hiasan kepala yang berbau tradisional. Sedangkan pernikahan modern identik dengan makeup yang stunning dan kamu bisa bebas memilih hiasan kepala seperti mahkota ataupun hairstyle yang tak kalah cantik.

Lokasi pernikahan

Pernikahan adat yang terkesan sakral memang membuatmu harus lebih memperhatikan betul lokasinya. Baiknya jika memilih pernikahan tradisional pilihlah ruangan indoor untuk menghindari cuaca dan kondisi yang nggak menentu. Jangan hanya mengikuti tren konsep seperti garden party sehingga kamu jadi asal memilih lokasi. Sedangkan kalau kamu memilih pernikahan modern boleh-boleh saja memanfaatkan lokasi pernikahan outdoor karena konsepnya yang bebas dan nggak terikat oleh tradisi tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *