Mengulik Jenis-jenis Bunga Manten, Berapa Ya Harganya?

Sebuah pesta pernikahan rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran bunga manten. Biasanya rangkaian bunga manten disesuaikan dengan fesyen atau desain baju pengantin.

Nah, tahukah kamu kalau bunga manten itu memiliki beragam jenis?

Bunga manten sendiri adalah sebuah aksesoris penuh makna yang dikenakan oleh pengantin pada sebuah pesta pernikahan. Rangkaian bunga manten ini biasanya dikenakan di bagian kepala manten.

Jenis-jenis bunga manten ada banyak. Beberapa yang ditawarkan biasanya menggunakan jenis bunga melati. Selain melati, bunga apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat hiasan pengantin adat? Berikut penjelasannya.

1. Bunga Melati

Bunga melati. Foto: https://unsplash.com/@avincp

Jenis bunga yang digunakan untuk hiasan manten biasanya adalah melati. Bunga manten yang terbuat dari melati banyak dikreasikan sebagai hiasan pengantin dan juga ritual pernikahan. Bunga melati memiliki wangi yang khas. Bunga melati memiliki makna sebagai sesuatu yang suci, tulus dan anggun.

Selain itu, melati juga memiliki ukuran yang kecil namun aromanya sangat semerbak. Dalam hal ini, bunga menjadi lambang keindahan yang sederhana dan kemurahan hati.

2. Bunga Mawar

Mawar. Foto: https://unsplash.com/@ballaschottner

Bunga mawar yang sering digunakan untuk pengantin adalah jenis mawar merah dan putih. Mawar merah dan putih memiliki makna yang berbeda. Mawar merah memiliki arti kekaguman rasa cinta yang besar dan menggebu kepada seseorang.

Sementara itu, mawar putih mmeiliki makna rasa cinta yang suci dan murni. Bunga mawar kerap digunakan karena mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau.

3. Bunga Krisan

Krisan. Foto: https://unsplash.com/@rogfog

Bunga krisan memiliki warna yang beragam dan bermakna optimis, ceria, serta pembawa kebahagiaan dalam keluarga.

Aroma dari bunga krisan ini sangatlah kuat. Dalam beberapa acara, bunga krisan atau juga disebut seruni juga dianggap sebagai simbol pemersatu.

4. Bunga Lily

Bunga lily. Foto: https://unsplash.com/@evieshaffer

Bunga manten selanjutnya adalah lily. Bunga lily memiliki banyak warna, di antaranya putih, merah, kuning dan oranye. Bunga lily melambangkan kesucian.

Dalam sebuah pesta pernikahan, bunga lily berwarna merah dan putih kerap digunakan. Bunga lily putih melambangkan ketulusan, pengabdian dan kemuliaan. Bunga lily merah memiliki arti kekayaan dan kemakmuran yang berlimpah.

5. Bunga Daisy

Bunga daisy. Foto: https://unsplash.com/@pariz123

Bunga daisy sangat direkomendasikan sebagai bunga manten karena harganya yang tidak terlalu mahal. Bunga daisy membawa aura ceria serta rasa kegembiraan dalam pesta pernikahan. Bunga ini bermakna saling berbagi rasa antar manusia. Bunga ini cocok digunakan sebagai penyampaian rasa kasih sayang terhadap pengantin laki-laki dan perempuan.

Bunga daisy memang sangat sederhana dan termasuk dalam keluarga bunga matahari. Bunga daisy juga memiliki makna polos, suci dan murni. Selain itu, kecantikannya juga melambangkan cinta dan keindahan kesabaran.

Itulah penjelasan terkait bunga manten dan jenis-jenisnya. Pada dasarnya bunga manten ini akan dibantu disediakan oleh pihak MUA. Namun, sebelum acara, kamu dapat bertanya bunga seperti apa yang nantinya akan dikenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *