Mau Foto untuk Buku Nikah? Ini Ketentuan dan Tipsnya yang Wajib Kamu Tahu

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melangsungkan acara pernikahan. Salah satu persiapan menjelang pernikahan adalah foto untuk buku nikah, sebagai salah satu dokumen persyaratan mendaftarkan pernikahan.

Foto untuk buku nikah ini berbeda dari foto KTP atau ijazah, karena ada syarat tertentu yang harus diikuti. Apa saja ya? Yuk simak ketentuan dan tips untuk foto buku nikah di sini!

1. Jumlah foto

Menurut peraturan dari Menteri Agama, ada dua ukuran yang disiapkan dengan jumlah masing-masing berbeda. Kamu perlu menyiapkan 8 lembar foto berukuran 2×3 dan dan 2 lembar foto berukuran 4×6. Jumlah tersebut sama baik untuk laki-laki maupun perempuan. Begini rinciannya:

  • 2 foto calon pengantin perempuan dan 2 foto pengantin laki-laki berukuran 2×3 untuk buku nikah
  • 2 foto ukuran 4×6 untuk arsip catatan nikah KUA
  • 2 foto ukuran 2×3 untuk tanda terima akta nikah
  • 2 foto ukuran 2×3 untuk daftar pemeriksaan nikah

2. Background foto

Jika dulu mungkin sempat ada background warna merah untuk buku nikah disesuaikan dengan ganjil atau genapnya tahun kelahiran layaknya membuat KTP, namun kini warna background foto seragam dengan warna biru cobalt. Perihal background ini dijelaskan di dalam Lampiran Keputusan dari Direktur Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2018 pada model N2.

3. Pakaian untuk foto

Syarat pakaian yang dikenakan untuk berfoto hanya rapi dan sopan, tak ada ketentuan warna ataupun jenis pakaian. Akan tetapi, kamu bisa memaksimalkan fotomu dengan mengenakan warna pakaian yang senada supaya terlihat serasi. Beberapa warna berikut bisa kamu pertimbangkan lho.

  • Warna putih merupakan warna yang aman untuk dikenakan karena cocok dengan warna apa saja termasuk biru
  • Begitu juga dengan warna hitam yang biasanya akan membuat wajahmu tampak lebih cerah
  • Satu lagi warna yang aman namun sedikit variatif adalah warna abu-abu
  • Kalau ingin mengenakan warna yang cerah, warna mustard masih aman untuk dikenakan
  • Warna nude akan memberikan kesan yang lembut dan menetralkan warna background yang lebih bold
  • Jika ingin tetap mengenakan warna biru pilih yang berwarna soft seperti baby blue ya agar tak samar dengan warna background-nya

4. Siapkan penampilan terbaik

Jangan menganggap foto ini hal sepele ya karena walaupun kecil namun pas foto akan terpampang seumur hidup. Jadi, foto ini sebaiknya diambil oleh seorang profesional atau di studio. Jangan lupa untuk berpenampilan rapi baik pakaian maupun hijab atau rambut. Gunakan make-up natural untuk wajah yang lebih terlihat segar, plus jangan begadang di malam sebelumnya agar wajah lebih cerah.

Nah, biasanya foto ini juga akan digunakan di akta nikah di mana satu foto terdiri dari calon pengantin laki-laki dan perempuan yang berdampingan. Jika kamu dan pasangan sedang LDR, kalian bisa kok mengambil foto sendiri-sendiri dan menyatukan dengan mengeditnya. Pastikan tone warna kulit dan yang lainnya tetap imbang ya. Selamat mempersiapkan pernikahan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *