Hemat Duit, Ini Tips Membuat Undangan Digital untuk Pernikahan

Menyebar undangan adalah salah satu persiapan menjelang pernikahan. Memberikan undangan ke teman-teman menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena calon pengantin mengharapkan momen pernikahannya semakin spesial dengan kehadiran mereka.

Namun, di masa pandemi yang tak kunjung usai ini, membuat undangan digital menjadi alternatif agar kerabat terdekat tetap bisa menghadiri pernikahan. Undangan digital pun juga lebih mudah diakses melalui media sosial. Selain itu kamu juga akan menghemat penggunaan kertas dan lebih ramah lingkungan.

Panduan membuat undangan pernikahan digital

Foto: https://unsplash.com/@katemacate

Seiring berkembangnya teknologi, kini muncul media – media baru seperti sosial media yang membantu kita untuk membagikan dan menerima informasi dengan mudah. Munculnya sosial media ini memungkinkan kita untuk mengirimkan foto, video, dan tulisan kepada orang lain menggunakan bantuan internet.

Melalui sosial media ini, kamu juga bisa mengirimkan undangan digital seperti undangan pernikahan digital. Kamu bisa mengirimkan undangan pernikahan kamu secara digital di Facebook, Twitter, Instagram, atau melalui e-mail dengan format pdf.

Untuk memaksimalkan tampilan undangan yang ingin kamu kirimkan, kamu perlu memperhatikan ukuran dari undangan digital yang akan kamu sebar. Kamu dapat membagikan undangan dalam orientasi portrait atau landscape pada Story ataupun Feed sosial media kamu.

Jika kamu ingin membagikan undangan melalui Story, baik itu di Facebook, Instagram, ataupun Twitter, kamu bisa menggunakan ukuran 1080 x 1920 px agar undangan yang kamu sebar dapat ditampilkan sepenuhnya. Sedangkan untuk feed, kamu bisa membagikannya dalam ukuran 1:1 atau square, portrait, atau landscape.

Foto: https://unsplash.com/@diana_pole

Kamu dapat menggunakan ukuran 1080 x 1080 pixel untuk desain square, 1080 x 1350 px untuk portrait, dan 1080 x 566 px untuk orientasi landscape. Pada sosial media, terdapat proses kompresi gambar yang dapat membuat undangan terlihat lebih buram dan pecah.

Jika kamu menggunakan ukuran di atas rekomendasi yang telah diberikan, biasanya platform sosial media akan memangkas kualitas dan mengkompres ukuran agar lebih kecil. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan ukuran rekomendasi ini agar undangan dapat disebar dengan lebih baik.

Sebuah undangan harus memiliki informasi yang jelas, baik tujuan dari undangan, nama penyelenggara, lokasi dan waktu, dan lain sebagainya agar penerima mampu memahami tujuan dari undangan tersebut. Hal ini berlaku bagi pembuatan undangan digital maupun undangan konvensional.

Meski telah menyebar undangan secara digital, akan lebih efektif jika undangan juga disebar secara konvensional untuk orang – orang yang tidak menggunakan media sosial. Selain itu, undangan tradisional juga memiliki kenangan tersendiri yang dapat kamu atau penerima simpan sebagai kenang – kenangan berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *