Hai Calon Orang Tua, Ini 5 Istilah Seputar Kehamilan yang Perlu Diketahui

Kehamilan adalah sebuah suka cita yang luar biasa bagi setiap pasangan yang telah menikah. Kehamilan memang menjadi anugerah yang banyak diimpikan setiap pasangan suami istri. Saat hamil, tentunya segala sesuatu dilakukan demi menjaga kesehatan si buah hati, termasuk dengan rajin membaca berbagai informasi penting terkait kehamilan serta konsultasi ke dokter.

Saat konsultasi, tentu dokter akan menyampaikan berbagai kondisi kehamilan dengan istilah-istilah tertentu. Seperti USG misalnya. Namun, apakah semua ibu hamil memahami istilah tersebut?

Nah, untuk memahami lebih lanjut, berikut ini ada beberapa istilah seputar kehamilan yang bisa dipelajari.

1. Testpack

Alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urin yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Tes kehamilan ini bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid.

2. Embrio, fetus dan janin

Embrio merupakan bakal bayi dari sel telur yang telah dibuahi oleh sperma dengan usia sampai minggu yang ke delapan pada kehamilan. Sedangkan bakal tersebut baru akan disebut janin atau fetus saat berusia setelah minggu ke delapan hingga saat kelahiran. Nah, setelah lahir ke dunia, barulah bisa dinamakan sebagai bayi.

3. Trimester

Merupakan ukuran tahapan kehamilan per tiga bulan yang menentukan apa yang terjadi pada ibu hamil dan pada janin yang dikandungnya. Mulai dari trimester 1 hingga trimester ke 3, tubuh ibu hamil mulai banyak perubahan. Mulai dari fisik, hormonal sampai pertumbuhan janin dalam perut.

Foto: https://unsplash.com/@johnlooy

4. Kontraksi

Jika ibu hamil mengalami kram perut seperti saat menstruasi, itu namanya kontraksi, yakni kondisi rahim yang mengencang lalu mengendur. Kontraksi biasanya terjadi pada trimester ketiga atau menjelang persalinan, tapi terkadang bisa terjadi kontraksi palsu.

5. Ultrasonografi (USG)

Teknik pencitraan medis yang digunakan untuk memvisualisasikan janin dalam kandungan. Ibu hamil juga bisa melakukan pemeriksaan USG untuk memperkirakan usia kandungan dan memperkirakan hari persalinan.

Masih banyak lagi istilah-istilah seputar kehamilan yang perlu diketahui. Namun, setidaknya para calon orang tua mengetahui istilah yang paling umum mengenai kehamilan. Sampai jumpa di artikel berikutnya mengenai kehamilan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *