Souvenir pernikahan

7 Ide Souvenir Pernikahan Unik Tapi Hemat, Bikin Tamu Pengin Nambah!

Selain konsep dan katering makanan, souvenir menjadi salah satu hal penting dalam sebuah pesta pernikahan. Calon pengantin pun tentunya ingin memberikan souvenir yang berkesan untuk tamu undangan mereka.

Untuk menentukan souvenir, tentunya kamu harus menghitung jumlah bujet perkiraan yang akan dikeluarkan. Jangan sampai pengeluaranmu membengkak hanya karena ingin memberikan souvenir yang mewah, ya! Lebih baik berikan souvenir dengan bujet hemat namun tetap unik dan berkesan di mata tamu undangan kamu.

Nah, berikut ini ada beberapa ide dan rekomendasi souvenir unik dengan bujet hemat yang bisa kamu telusuri. Yuk simak ulasannya di sini.

1. Sabun handmade

Terlihat sepele memang, namun sabun handmade bisa kamu manfaatkan sebagai souvenir pernikahan lho! Tanpa harus mengeluarkan bujet mahal, sabun handmade yang dikemas dengan cantik bakal membuat tamu undanganmu terkesan. Cobalah survei harga sabun handmade tersebut terlebih dahulu, umumnya harga per sabunnya dibanderol mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 13 ribuan.

Sabun handmade tersebut bisa dikemas dengan kertas cokelat bertuliskan nama kamu dan pasangan, tak lupa tambahkan kutipan manis di bagian belakangnya. Sederhana tapi tetap berkesan!

2. Toples isi madu/selai

Ingin memberikan souvenir pernikahan unik dan bermanfaat? Toples kecil berisi madu atau selai bisa jadi pilihanmu. Kamu bisa membuat souvenir ini sendiri dengan membeli madu, toples kecil kosong, tali dari rotan dan kain renda untuk mempercantik souvenir.

3. Kipas Cina

Barang satu ini selain unik, tentunya juga bermanfaat lho! Kipas Cina jadi ide menarik untuk souvenir pernikahanmu. Selain karena harganya yang terjangkau, kipas ini bakal bermanfaat bagi tamu undanganmu saat mereka merasa gerah saat acara resepsi.

Pilihlah model kipas yang menarik dan tidak mainstream, seperti kipas Cina. Hiaslah dengan kartu ucapan terima kasih dari kalian berdua. Dijamin barang ini akan awet digunakan oleh tamu undanganmu.

4. Tanaman mini

Ide souvenir pernikahan unik dan hemat berikutnya adalah pot gelas beserta tanaman mini. Selain bisa dijadikan pajangan, benda satu ini juga bisa mengurangi polusi, lho!

Jika ingin lebih menarik perhatian tamu undanganmu, kamu juga bisa menuliskan pesan “Menanam untuk mengurangi polusi bumi”. Dijamin, souvenirmu akan lebih berkesan bagi mereka.

5. Cake in a jar

Cake in a jar jadi ide souvenir pernikahan yang unik. Terutama jika kamu jago masak, kamu bisa membuatnya sendiri sehingga jadi lebih hemat. Kue di dalam toples ini juga jadi souvenir pernikahan yang ramah lingkungan karena wadahnya bisa disimpan setelah kuenya habis disantap.

6. Sumpit dengan kemasan unik

Benda satu ini sudah tak asing lagi, karena banyak yang menggunakannya untuk menyantap hidangan. Nah, kamu bisa memanfaatkan sumpit sebagai ide souvenir pernikahan yang unik sekaligus hemat bujet lho!

Kamu bisa mengemas sumpit-sumpit tersebut dalam sarung kain dengan warna atau motif yang unik. Atau bisa juga kamu memesan sumpit lengkap dengan ukiran kata-kata indah di permukaannya. Dengan begitu, sumpit akan menjadi souvenir pernikahan yang unik dan berkesan di mata tamu undangan.

7. Hand sanitizer

Benda satu ini akan bermanfaat bagi tamu undanganmu, terutama selama masa pandemi Covid-19 ini. Hand sanitizer dengan ukuran mungil sebagai ide souvenir pernikahanmu bakal bikin berkesan tamu undangan supaya mereka tetap menjaga kebersihan selama pesta hingga aktivitas sehari-hari.

Itu dia ide dan rekomendasi souvenir unik untuk pesta pernikahan yang akan membuat tamu undangan terkesan. Satu hal yang pasti, sesuaikan dengan bujet serta konsep pernikahanmu, ya, saat menentukan souvenir-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *