Tips memilih MC pernikahan

5 Tips Agar Tak Salah Pilih MC Pernikahan

Setiap orang mendambakan pesta pernikahan yang meriah dan berkesan, tak hanya bagi pengantin namun juga tamu undangannya. Pesta pernikahan dinilai lebih ‘hidup’ apabila dipandu oleh seorang pembawa acara. Nah, pembawa acara inilah yang akan menentukan hidup atau tidaknya suasana pernikahanmu nanti.

Seorang pembawa acara pernikahan yang baik akan membuat suasana acara jadi lebih segar dan tidak terlalu kaku. Namun, jangan serta merta memilih pembawa acara atau MC yang malah membawa humor berlebihan, ya.

Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk memutuskan siapa yang akan jadi MC pada pesta pernikahanmu. MC ini berperan pada momen spesialmu, jadi perlu memperhatikan beberapa hal, ya. Jangan lupa komunikasikan juga dengan si dia atau anggota keluarga lainnya.

Lalu, bagaimana sebaiknya memilih MC pesta pernikahan agar momen spesial ini bisa jadi lebih meriah dan berkesan? Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Rekomendasi dari WO

Jika kamu menggunakan jasa wedding organizer (WO), maka sudah bisa dipastikan mereka akan mencarikanmu MC yang tepat dan sesuai dengan yang kamu mau. WO akan bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran acara pernikahanmu. Mereka juga paham MC seperti apa yang tepat untuk hari spesialmu ini.

WO pada umumnya akan memberikan saran terbaik, termasuk menyarankan MC yang akan digunakan. Kamu bisa mempercayakan hal tersebut karena pihak WO biasanya sudah tahu benar kualitas MC tersebut.

Karena sudah disarankan oleh WO, maka kamu tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan biaya lainnya, karena biasanya upah MC sudah termasuk dalam paket.

2. Tentukan kriteria

Tips berikutnya agar tak salah memilih MC pernikahan adalah dengan menentukan kriterianya. Cari vendor MC yang sudah terbukti kualitasnya, dengan pengalaman kerja tinggi. Sehingga, kamu tak perlu khawatir dengan keberlangsungan pesta pernikahanmu.

Selain itu, mintalah bantuan pihak lain atau pasanganmu untuk menentukan apakah MC yang akan kamu pilih sudah sesuai atau belum. Tentukan juga apakah kamu akan menggunakan MC wanita atau pria.

Jika ingin melihat seperti apa kualitas MC yang kamu mau, kamu bisa melihat akun media sosial MC tersebut. Dari situ pun kamu bisa menilai apakah kriteria MC tersebut telah sesuai dengan pilihanmu atau tidak.

Agar tak salah pilih MC untuk pesta pernikahan, ada baiknya pilihlah MC yang paham akan prosesi sakral yang penuh dengan nilai-nilai adat. Sementara untuk resepsi, kamu bisa memilih MC yang lebih santai.

3. Harga

Nah, ini dia hal terpenting yang harus kamu pahami ketika mempertimbangkan seorang MC untuk pesta pernikahan. Harga yang tepat akan memberikan kualitas yang sesuai, lho.

Jika memiliki bujet berlebih, kamu bisa pilih MC ternama, seperti selebriti MC pernikahan misalnya. Namun, jangan khawatir jika dana terbatas, saat ini sudah banyak MC dari kalangan umum yang tak kalah berkualitas dan memiliki jam terbang tinggi, serta tidak mematok harga terlalu tinggi.

Untuk mengetahui tarif MC tersebut, kamu bisa menanyakan langsung melalui kontak bisnis atau media sosial yang mereka gunakan. Jangan ragu untuk bertanya, ya.

4. Berwawasan luas

Tentunya kamu tahu jika seorang MC akan berdiri di tempat yang paling mudah dilihat. Otomatis hal tersebut akan membuatnya menjadi pusat perhatian tamu undangan dan audiens lainnya.

Pastikan MC yang kamu pilih memiliki penampilan yang baik, sehingga tamu undangan akan memberikan kesan baik pula terhadap pesta pernikahanmu.

Selain itu, MC yang kamu pilih juga akan memiliki nilai plus jika ia berwawasan luas. Dengan begitu, ia akan terampil dalam mengolah acara di hari spesialmu. Misal, jika pestamu bertema adat Jawa, pastikan kamu memilih MC yang juga paham akan budaya serta bahasa Jawa.

5. Kreatif

Agar pesta pernikahanmu makin meriah dan berkesan, pilihlah MC yang kreatif, agar pestamu tidak melulu tegang atau mengharukan. Sosok MC lah yang akan bertugas untuk mencairkan suasana.

Meski menjadi momen sakral, pastikan pesta pernikahanmu terasa menyenangkan dan acara mengalir dengan ringan. Biasanya MC memiliki beberapa games atau kuis yang diajukan kepada tamu undangan agar pestamu lebih interaktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *