5 Penyebab Hubungan Pernikahan Hanya Manis di Awal

Setiap pasangan tentunya menginginkan hubungan rumah tangga yang harmonis dan langgeng seumur hidup. Namun, membina rumah tangga rupanya tak semudah yang dibayangkan, lho.

Pada usia awal pernikahan, setiap pasangan pasti membayangkan untuk selalu hidup bahagia dan senang bersama orang terkasih. Bangun pagi berada di samping pasangan, sarapan bersama, saling menghibur, dan tidak kesepian sampai tua nanti.

Memang terasa nikmat dan manis saat awal pernikahan, namun seiring berjalannya waktu, manisnya pernikahan bisa saja luntur begitu saja. Perlu diingat, hidup sebagai suami istri dan saat berpacaran jelas berbeda.

Foto: https://unsplash.com/@javaistan

Karakter dan sifat asli dari pasangan akan terbuka jelas ketika sudah menikah, karena awal pernikahan merupakan masa adaptasi di mana kamu dan pasangan akan dihadapkan untuk belajar menerima masing-masing kebiasaan, serta kekurangan maupun kelebihan pasangan.

Di sinilah kamu diuji, tak ayal juga banyak yang mengeluh dan merasa sulit atau tak sanggup menjalani kehidupan rumah tangga karena manis bahagia pernikahan hanya dirasakan di awal saja.

Berikut ini hal-hal yang bisa menjadi pemicu pernikahanmu hanya manis di awal saja.

1. Pernikahan hanya dijadikan sebagai solusi

Banyak yang beranggapan, menikah merupakan jalan tepat untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Seperti bosan selalu ditodong kapan menikah, lelah berpacaran yang menimbulkan banyak perspektif, atau faktor usia. Alhasil, pernikahan yang diambil dengan langkah teburu-buru bisa menjadi pemicu masalah baru setelah menikah karena merasa belum siap untuk menjadi suami atau istri.

2. Komunikasi

Penting untuk digaris bawahi, komunikasi merupakan kunci dan faktor utama keberlangsungan hidup lebih baik tak terkecuali pernikahan. Selalu terbuka dan saling mengerti agar hubungan rumah tangga tak selalu menimbulkan keributan hanya karena hal sepele.

Foto: https://unsplash.com/@itsmiki5

3. Rencana hidup yang berbeda

Sebelum memutuskan untuk menikah, pastikan untuk memikirkan dan merencanakan bersama pasangan sebaik dan sematang mungkin. Jangan sampai setelah menikah, timbul pemikiran kalau planning kalian enggak sama dan lebih mementingkan ego sendiri. Selalu kompromi dan saling pengertian agar bila memang ada beda pendapat bisa diselesaikan baik-baik.

4. Menyembunyikan hutang

Enggak menutup kemungkinan akan ada saja pasangan yang menutupi soal keuangan mereka salah satunya utang. Mungkin awalnya karena tak ingin membuat pasangan menjadi khawatir dan ikut menanggung beban.

Perlu diketahui sejatinya uang kerap menjadi pemicu masalah besar dalam rumah tangga. Selalu kenali pasangan dan terbuka pada pasangan sebelum menikahinya.

5. Tak jujur

Hindari untuk menutupi perasaan yang sebenarnya terhadap pasangan. Selain komunikasi, kejujuran juga merupakan kunci hubungan yang harmonis dan langgeng. Dengan saling jujur juga bisa menumbuhkan sikap saling percaya dan saling memahami.

Itu dia lima hal penyebab hubungan pernikahan hanya terasa manis saat di awal saja. Dari kelima hal tersebut, jangan lupa untuk saling mengoreksi diri masing-masing. Semoga kalian yang sedang menjalani kehidupan rumah tangga tetap harmonis, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *