5 Ornamen Unik dalam Busana Pengantin Adat Lampung

Pernikahan di Indonesia umumnya kerap menggunakan sentuhan tradisi dan adat di wilayah setempat. Para calon pengantin biasanya mengenakan busana adat kebesaran dari daerah asalnya. Budaya dan tradisi di Indonesia yang beragam pun menambah keunikan dan ciri khas tersendiri.

Salah satu busana pengantin Indonesia dari adat Lampung juga terkenal dengan keunikannya. Pada busana pengantin Lampung, terdapat beberapa ornamen yang unik dan punya ciri khasnya. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Siger

Siger atau mahkota adalah hiasan kepala yang dikenakan oleh calon mempelai wanita dengan bentuk dasar menyerupai tanduk. Mahkota yang terbuat dari lembaran kuningan ini sendiri ditatah hiasan bertitik dengan motif bunga.

Mahkota yang menyerupai tanduk ini sendiri memiliki 9 buah lekukan, baik pada bagian depan maupun belakang. Dan pada setiap lekukan, akan dilengkapi dengan hiasan berbentuk bunga cemara berbahan dasar kuningan.

2. Serenja Bulan

Nah, pada bagian atas Siger atau Mahkota yang menyerupai tanduk yang dikenakan oleh para mempelai wanita dari tanah Lampung, akan ada mahkota kecil berupa bunga hias yang lazimnya berjumlah satu hingga tiga buah dalam satu mahkota.

Serenja bulan sendiri memiliki lekukan ke bawah sebagai bentuk kelopak bunga dan juga lekukan yang cukup runcing ke bagian atas sebagi bentuk mahkota bunga. Peletakan ornamen hiasan yang satu ini pun dianggap sebagai puncak dari Siger itu sendiri.

3. Kopiah Emas

Bila sang calon mempelai wanita mengenakan Siger atau Mahkota menyerupai Tanduk, maka para calon mempelai pria akan mengenakan kopiah berbahan kuningan berwarna emas bertakhtakan karangan bunga dengan ujung berbentuk runcing ke atas.

4. Mulan Temanggul

Selepas dari hiasan kepala, maka busana pengantin adat Lampung pun memiliki ragam ornamen yang beragam, salah satunya adalah Mulan Temanggul yang terbuat dari lempengan kuningan berupa rangkaian tiga buah keeping yang dikaitkan dengan rantai berbahan serupa. Penggunaan hiasan yang satu ini biasanya digantungkan pada bagian leher hingga menjuntai ke bagian dada.

5. Buah Jukun

Kemudian, ada rangkaian kalung panjang yang tebuat dari bahan kuningan dengan motif ornamen berupa rangkaian buah kecil bulat berbentuk bunga yang disebut sebagai Buah Jukun. Untuk hiasan busana yang satu ini, akan dikenakan melingkar dari bahu pengantin hingga ke bagian perut dan juga pinggang belakang.

Itu dia lima dari sekian ornamen unik yang terdapat pada busana pengantin adat Lampung. Ada ornamen apa lagi ya, kira-kira?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *