5 Mitos Larangan Pernikahan dalam Budaya Jawa, dari Weton sampai Letak Rumah

Sebagian besar pasangan yang hendak menikah mungkin masih mempercayai mitos-mitos dalam tradisi, seperti menentukan tanggal baik agar pernikahan berjalan lancar, dan sebagainya.

Namun, selain mitos mengenai tanggal pernikahan, ternyata ada beberapa mitos yang mesti diperhatikan saat akan melangsungkan pernikahan, termasuk larangan-larangannya.

1. Menghindari bulan Suro atau Muharram saat menentukan tanggal pernikahan

Bulan ini akan dihindari karena dipercaya sebagai bulan yang keramat. Konon pada bulan ini Nyai Roro Kidul tengah menggelar hajatan sehingga masyarakat dilarang menyelenggarakan pesta juga jika tak ingin terkena kesialan.

2. Anak pertama dan ketiga (jilu/siji karo telu) dilarang menikah dalam budaya Jawa

Jika kamu merupakan anak pertama dan pasanganmu anak ketiga atau sebaliknya plus orang tua kalian masih percaya dengan tradisi Jawa sepertinya kalian harus berjuang lebih. Hal ini disebabkan adanya mitos yang melarang anak pertama dan ketiga menikah karena akan menimbulkan kesialan seperti tidak akur, bercerai, hingga ditinggal mati.

Ilustrasi salah satu prosesi pernikahan Jawa. Foto: https://unsplash.com/@fhmi29

3. Pernikahan siji jejer telu (satu berjejer tiga) dinilai tidak baik dalam tradisi Jawa

Siji jejer telu yang dimaksud adalah jika kamu, pasangan, dan salah satu dari orang tuamu merupakan anak pertama semua. Hal ini dinilai tidak baik dan jika nekat dilaksanakan maka akan mendatangkan malapetaka bagi rumah tangga pasangan kalian nantinya.

4. Tidak dianjurkan menikah dengan calon pasangan jika jarak rumah cuma lima langkah

Jika kamu dan pasangan memiliki rumah yang berhadapan, kamu perlu legowo karena di tradisi Jawa ternyata rumah yang berhadapan apalagi jika bertetangga maka pernikahan kalian akan menjadi serba kekurangan jika tetap dipaksakan.

5. Weton

Sebelum memberikan restu, biasanya wetonmu dan pasangan akan dihitung dan dicocokkan. Ternyata ada beberapa weton yang dinilai tidak cocok jika menikah. Jika ternyata secara weton kalian tidak cocok, pernikahan terpaksa dibatalkan jika tak ingin didatangi kesialan.

Lima hal di atas mungkin tak semuanya dipercaya, namun entah kebetulan atau tidak, ternyata banyak juga lho, kisah-kisah viral tentang penolakan dari orang tua pasangan yang masih memercayai mitos tersebut. Kalau kamu percaya mitos tersebut atau nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *