5 Hal Tentang Hubungan yang Bisa Kita Petik dari Drama Korea ‘Nevertheless’

Sebagian pencinta drama Korea saat ini mungkin tengah menggandrungi Nevertheless, drama terbaru yang dibintangi oleh dua bintang Korea Selatan yang sedang naik daun, yakni Han So-hee dan Song Kang.

Nevertheless mengisahkan Yoo Na-bi (Han So-hee) yang merupakan seorang perempuan yang tak percaya dengan cinta setelah putus dengan kekasihnya. Setelahnya, ia bertemu dengan Park Jae-eon, yang membuat hati Yoo Na-bi kembali merasakan asmara bergejolak. Sayangnya, Park Jae-eon rupanya terkenal sebagai sosok lelaki yang gemar menjalin hubungan tanpa status dengan banyak perempuan, alias tak berkomitmen. Dari situ lah, Yoo Na-bi dibuat bingung dengan perasaannya terhadap Park Jae-eon, yang seolah memainkan dirinya.

Nah, dari sekilas cerita dalam drama Korea Nevertheless tersebut, ada beberapa pelajaran berharga tentang hubungan romantis, yang penting untuk kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Jangan mau terlibat dalam hubungan tanpa komitmen

Pertemuan tak sengaja membuat Na-bi terpikat dengan pesona Jae-eon. Memiliki trauma cinta masa lalu rupanya membuat Na-bi tak bisa berpaling dan percaya bahwa Jae-eon adalah takdirnya. Bahkan, ia rela menjalin hubungan tanpa status yang justru malah menyakitinya.

Ketidakjelasan hubungannya dengan Jae-eon membuat Na-bi bingung. Apalagi ketika Na-bi tahu kalau Jae-eon juga menjalin hubungan dengan banyak perempuan lain, tentu Na-bi tak bisa berbuat apa-apa selain merasa sakit hati.

Menjalin hubungan tanpa status seperti yang dijalani Na-bi dan Jae-eon, pada akhirnya akan membuat kamu rugi sendiri. Na-bi bahkan beberapa kali berusaha meyakinkan statusnya dengan Jae-eon, tapi Jae-eon tetap tak ingin berkomitmen.

Jika tidak mau perasaanmu terluka, sebisa mungkin hindari hubungan tanpa komitmen, ya.

2. Jangan lupa untuk berpikir jernih

Perempuan kerap dikuasai oleh perasaan, begitu juga dengan kasus Na-bi. Supaya kita nggak terjebak di situasi yang sama, tentu kamu harus bisa berpikir jernih dan sesuai logika.

Sikap Na-bi yang plin-plan setiap berhadapan dengan Jae-eon dapat menyulitkan diri sendiri terutama ketika ingin mengakhiri hubungan yang toxic. Ingin hubungannya berakhir dengan Jae-eon karena sakit hati, tapi Na-b tidak bisa bersikap tegas pada dirinya sendiri. Bahkan ketika ada pria yang ingin menolong Na-bi dari jerat Jae-eon, dia seolah tak peduli dan tetap ingin kembali bersama Jae-eon.

Berpikir jauh ke depan tentu penting, cobalah untuk menimbang hal negatif yang dapat terjadi jika terus menerus bertahan pada hubungan tanpa status.

Memang, sih, kadang susah berpikir jernih jika perasaan sudah menguasai hati dan pikiranmu. Tapi tetap kenali lawan jenis yang dekat denganmu, jangan sampai kamu terjerumus ke dalam hubungan yang nggak sehat apalagi sampai berlangsung terus menerus.

Cuplikan adegan di drama Korea ‘Nevertheless,’. Foto: https://www.soompi.com/article/1478511wpp/song-kang-and-han-so-hee-get-domestic-in-nevertheless

3. Kenali hubungan toxic

Mengenali hubungan yang tidak sehat juga jadi hal penting. Masih ingat kejadian di mana mantan kekasih Na-bi memamerkan patung wajah dan tubuh Na-bi tanpa persetujuannya?

Ketika Na-bi mempertanyakan perilaku sang mantan dia malah marah dan menyudutkan Na-bi karena tidak menghargai karya seninya. Perilaku ini merupakan gaslighting.

Masih ciri hubungan toxic, Na-bi juga pernah memergoki Jae-eon tengah menelepon perempuan lain dengan mesra. Hmm, hal itu jelas merupakan pertanda bahwa sudah saatnya mengakhiri hubungan tidak sehat tersebut.

Perselingkuhan, kekerasan, sikap manipulatif, dan hal buruk lain bisa saja terjadi antara kamu dan pasangan. Jadi, jangan sampai berlarut-larut!

Jika ada red flags yang mengarah ke sana sebaiknya kamu segera menghindar.

Cuplikan adegan dalam drama Korea ‘Nevertheless,’. Foto: https://gossipchimp.com/song-kang-han-so-hee-and-chae-jong-hyeop-share-tense-encounter-in-nevertheless/

4. Jangan mudah percaya

Kepercayaan adalah hal krusial dalam hubungan, tapi tidak dengan sifat mudah percaya.
Na-bi yang begitu terpikat dengan pesona Jae-eon menjadi mudah untuk percaya. Bahkan ketika sahabatnya, yaitu Bit-na, memperingatkannya tentang sifat Jae-eon yang terkenal suka mengencani banyak wanita, Na-bi malah mengindahkannya.

Jangan sampai kamu mudah tertipu terutama ketika berkenalan dengan orang baru. Pelajari karakternya dan sekali lagi, berpikirlah dengan jernih. Jika perlu ajaklah pihak ketiga seperti sahabat, keluarga, atau orang yang kamu percaya lainnya untuk berdiskusi. Diskusi sehat tentu akan membuka pikiranmu lho!

5. Consent adalah hal penting

Hubungan Na-bi dan Jae-eon memang sebatas friends with benefit yang mengarah ke hubungan yang melibatkan intimacy tanpa cinta. Jika keduanya setuju dengan hal tersebut tentu tak masalah.

Tapi, jika pasangan memanipulasi bahkan memaksa kamu untuk melakukan hal yang dia inginkan? Ini jelaslah sebuah masalah.

Consent alias kesepakatan dalam hubungan wajib dipahami kedua belah pihak. Kamu tidak bisa dipaksa atau memaksa pasangan untuk melakukan sesuatu. Semua harus ada izin dari keduanya. Jika pasangan melanggar consent, lebih baik tinggalkan ya!

Itulah beberapa pelajaran penting yang bisa kita ambil dari drama Korea Nevertheless, semoga artikel ini dapat membantu kamu menghindari hubungan yang tidak sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *