5 Aturan yang Perlu Diterapkan Pasangan Agar Pernikahan Tenteram dan Harmonis

Menikah bukan berarti menghindarkan kita dari konflik dengan pasangan. Justru, pernikahan adalah jenjang hubungan yang tidak bisa dianggap sepele, karena kita akan menghabiskan waktu seumur hidup dengan pasangan. Kadang kala akan muncul perbedaan pendapat yang bisa saja memicu masalah atau konflik rumah tangga dengan pasangan.

Namun, jangan sampai gegabah saat menghadapi masalah rumah tangga. Jika ingin kehidupan pernikahan bahagia, tenteram dan harmonis, kamu harus memperhatikan beberapa aturan berikut ini bersama pasangan.

1. Jangan pernah saling marah dalam satu waktu

Aturan paling utama adalah dengan mengendalikan emosi ketika pasangan sedang marah. Jangan membalas amarah pasangan dengan ikut-ikutan marah pula. Jika itu kamu lakukan maka tidak akan ada jalan keluar. Sebaliknya kendalikan emosimu ketika mengetahui pasangan sedang tidak enak hati dan marah. Biarkan dirinya meluapkan apa yang membebani hatinya, lalu bicarakan baik-baik tanpa ikut menjadi marah pula.

2. Jika harus memenangkan argumen, biarkan itu untuk pasangan

Saat sedang marah, maka seringkali ego menjadi nomor satu. Kamu cenderung tidak peduli dengan pasangan dan ingin memenangkan perdebatan. Sehingga suasana akan menjadi semakin kacau dan berantakan. Sebaiknya ketika kamu ingin memenangkan argumen maka biarkan itu menjadi argumen pasanganmu. Sehingga dengan sendirinya emosinya akan menurun dan menyadari kekeliruannya.

3. Jangan pernah mengungkit masa lalu

Apa yang telah menjadi masa lalu maka biarkan menjadi kenangan. Jangan pernah coba kamu ungkit kembali jika itu menyangkut kesalahan, rasa malu atau hal yang tidak baik lainnya. Tutup masa lalu dan maafkan, jangan ungkit kembali meskipun kamu ingin sekali melakukannya. Mengungkit-ungkit masa lalu bisa menjadi satu jebakan yang membuatmu terus merasa tidak nyaman dan curigaan. Jadi, sebaiknya dihindari ya!

4. Selesaikan masalah sebelum tidur

Jangan membawa masalah apapun ke tempat tidur. Wajib untuk kamu dan pasangan menuntaskan apa yang menjadi perdebatan sebelum kalian tidur. Jangan tidur dalam rasa marah, dendam apalagi benci. Kamu tidak tahu apakah kalian bisa saling memaafkan setelah bangun dari tidur, atau menjadi tidur untuk selamanya. Menuntaskan masalah sebelum tidur juga bisa membawa kelegaan yang membuat tidur nyenyak.

5. Jujur dan mengakui kesalahan dengan meminta maaf

Meminta maaf bisa menjadi sangat sulit dilakukan, jika kamu memiliki ego yang sangat tinggi. Tetapi pada dasarnya penting untuk bisa saling meminta maaf dan memaafkan saat berbuat kesalahan. Jangan bersikap defensif seakan kamu selalu benar dan gengsi untuk minta maaf. Pada dasarnya meminta maaf itu mudah, yang membuat sulit adalah ego dalam diri setiap orang.

Itulah lima aturan yang bisa membuat kehidupan rumah tangga aman dan tenteram. Harus saling introspeksi dan mengalah satu sama lain ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *