4 Tanda Pernikahan Tidak Bisa Diselamatkan

Kehidupan rumah tangga tak dapat dilepaskan dari berbagai konflik, baik itu kecil maupun besar. Namun, kamu perlu mewaspadai dan melihat apakah konflik tersebut dapat diselesaikan atau justru membuat rumah tanggamu berada di ujung tanduk.

Sebuah studi di tahun 2013 yang dilakukan Couple Family Psychology Association menemukan ada tiga permasalahan yang sering terjadi menimbulkan rumah tangga tak bisa diselamatkan, mulai dari perselingkuhan, kekerasan rumah tangga, hingga penyalahgunaan narkoba.

Nah, sebelum kamu berada dalam hubungan yang tidak sehat, berikut ini empat tanda hubungan pernikahanmu tidak bisa diselamatkan.

1. Kekerasan dalam rumah tangga

Hubungan yang penuh dengan kekerasan tentunya nggak bisa diselamatkan. Apa pun kesalahanmu atau pertengkaran yang ada, laki-laki nggak boleh untuk bersikap kasar kepada istrinya, begitu pula sebaliknya.

Jika hal ini terjadi, secepatnya cari bantuan kepada keluarga atau orang terdekat agar kamu bisa dilindungi sepenuhnya. Kekerasan ini nggak selalu bersifat fisik, ya, karena bisa juga berupa pelecehan emosional dan verbal.

2. Perilaku kriminal oleh pasangan

Sebelum kamu menikah, hendaknya kamu mencari tahu bagaimana asal usul dan latar belakangnya. Hal ini bukannya kamu nggak percaya, tetapi riset ini bisa kamu lakukan apakah kamu akan menikahi orang yang tepat atau tidak.

Jika kamu tahu suamimu adalah seorang kriminal kelas kakap ataupun pernah melakukan tindak kejahatan yang sangat parah, ini adalah tanda pernikahanmu tak bisa diselamatkan.

Foto: https://unsplash.com/@jonathanborba

3. Perselingkuhan

Perselingkuhan yang terjadi di dalam rumah tangga akan lebih rumit daripada saat pacaran. Karena saat sudah menikah akan ada banyak pertimbangan jika kamu memutuskan untuk berpisah, seperti anak, harta bersama, dan keluarga yang akan menjadi beban pikiran untukmu.

Ketahuilah orang yang selalu berselingkuh cenderung mengulangi hal yang sama di kemudian hari. Saat dia meminta kesempatan kedua, coba pikirkan dengan bijak, ya.

4. Bigami

Nah, hal satu ini merupakan hal yang nggak terduga. Bigami adalah adanya pernikahan dengan seseorang, di mana salah satu pihak masih sah menikah dengan orang lain.

Mungkin pasanganmu membuatmu percaya bahwa kamu adalah satu-satunya orang dalam pernikahanmu. Tetapi jika kamu menemukan bahwa sebenarnya pasanganmu belum resmi bercerai atau istri sahnya masih hidup, jangan pernah mau melangkah ke pelaminan dengannya.

Itu dia keempat tanda hubungan pernikahan tak bisa diselamatkan. Semoga kehidupan rumah tanggamu dapat terhindar dari masalah-masalah di atas, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *