3 Tips Mengatasi Keraguan Jelang Pernikahan

Rasa cemas atau ragu sangat wajar dirasakan oleh calon pengantin menjelang hari pernikahan. Namun, jangan sampai perasaan tersebut menguras seluruh energi dan perhatian Anda dalam mempersiapkan pernikahan.

Anda harus berkomitmen seumur hidup bersama pasangan, dengan mengucapkan janji suci di hadapan Tuhan untuk saling mendampingi satu sama lain hingga maut memisahkan. Oleh karena itu, calon pengantin harus mempersiapkan mental mereka untuk melangkah ke pelaminan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keraguan menjelang pernikahan? Ikuti ketiga tips di bawah ini.

1. Bicarakan kegundahan bersama pasangan

Mungkin Anda berpikir bahwa membicarakan hal ini bersama pasangan adalah keputusan yang kurang tepat karena dapat memperburuk situasi. Padahal, dalam keadaan seperti ini justru pasangan Anda berhak untuk mengetahui kegelisahan yang sedang Anda alami. Ungkapkan semua hal yang mengganggu pikiran Anda secara perlahan.

Ingat, kejujuran adalah pondasi utama dalam sebuah hubungan. Setelah mendengar pernyataan Anda, ia mungkin akan terkejut, namun berikan penjelasan bahwa Anda sangat membutuhkan saran dan dukungan darinya saat ini. Jika masalah ini tidak ada kaitannya dengan pasangan, pastikan Anda juga tidak menyinggung perasaannya. Lakukan diskusi bersama untuk menemukan penyelesaian yang tepat.

Foto: https://unsplash.com/@seteph

2. Minta bantuan konselor profesional

Apakah keraguan Anda telah mengganggu kehidupan sehari-hari? Tidak ada salahnya untuk mencari bantuan profesional. Dalam hal ini, konseling dapat menjadi opsi yang sangat berguna untuk memecahkan masalah.

Para konselor akan membantu Anda untuk mengatakan hal-hal yang mungkin sulit untuk diungkapkan sekaligus menjadi pendengar yang aktif. Mereka juga bisa menolong Anda dan pasangan untuk mencari jalan keluar sehingga persoalan yang ada tidak semakin memanas.

Foto: https://unsplash.com/@sandym10

3. Ingat kembali alasan Anda memilih pasangan

Apakah yang membuat Anda ingin menikah dengannya? Apa saja kelebihan yang ia punya sehingga Anda berhasil jatuh ke dalam pelukannya? Dan, bagaimana dengan cara ia memperlakukan Anda dan seluruh keluarga besar Anda? Pikirkan dengan matang mengenai hal ini dan segeralah temukan jawabannya.

Jika pasangan Anda benar-benar orang yang tepat, maka pastikan ia benar-benar menjadi tempat ternyaman untuk Anda di masa depan.

Mengatasi keraguan menjelang pernikahan tentu bukanlah perkara mudah, namun pastikan masalah tersebut tidak akan mengganggu hari bahagia yang sudah ada di depan mata. Ingat, semua hal yang Anda khawatirkan akan lebih mudah dihadapi bersama dengan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *